Sabtu, 03 Januari 2015

Filsafat Hidup



Filsafat Hidup
            Aliran yang penting bagi filsafat abad ke-20 yaitu filsafat tentang hidup atau “filsafat hidup”.  Filsafat hidup kira-kira tiga tahun yang lalu presis adalah suatu “peristiwa mode” sebagaimana juga halnya dengan eksistensialisme sesuadah perang dunia kedua. Seorang neo-kantian Rickert dalam tahun 1920 telah menulis sebuah buku yang terkenal yang menantangnya, dimana ia mencoba membuka arti pengertian “hidup” itu sebagai suatu pengertian mode, dan tidak mungkin dapat dipergunakan sebagai dasar bagi sesuatu filsafat sejati. Sesungguhnya apa yang dikatakan Rickert itu benar. Apa yang menarik perhatian “pendapat umum” dalam waktu tertentu , bagi ilmu senantiasa sebagiannya telah using. Sesungguhnya bahwa mode itu adalah suatu kekuasaan yang berbahaya , yang hendak memaksa manusia untuk mengikutinya dengan menyampaikan pandangan kritis dari manusia itu.
            Karangan yang paling mashur dan yang paling banyak dibaca orang di antara semua filsuf-hidup ialah orang perancis Henri Bergson, yang meninggal pada tahun 1941, antaranya mengarang Essai sur les donnees immediate de la conscience (1889), L’evolution creatrice (1907) dan Les deux sources de la morale at the la religion(1932).
            Dalam filsafat Bergson tampil “hidup” yang terdapat dimana-mana tetapi tidak dapat di pahami oleh akal, menentang gambaran dunia yang statis yang tidak berubah-ubah tentang ilmu modern. Sebagai ilmu mekanis dia tidak mengakui kebebasan rohani , kemungkinan kemerdekaan dan sifat batin daripada waktu. Dia menyerah dengan tidak ada pembatasan kepada cita-cita dari yang kuantitatif, yang hendak membawa segalanya kepada ukuran dan timbangan. Materialisme dan mekanisme menerangkan bahwa roh itu adalah peristiwa yang tidak berdiri sendiri , terjadi sebagai akibat daripada proses-proses zat. Dengan keharusan seperti halnya ginjal-ginjal mengeluarkan urine (air-seni), demikian pulalah otak mengeluarkan buah fikiran.

1 komentar:

  1. The Best-Selling Metal-Selling Synthesis of the 90s
    Metal-Selling titanium exhaust tubing is one of the most widely marketed synthesiser, omega titanium and it provides a high performance sound titanium teeth k9 to titanium chopsticks anyone who damascus titanium prefers the

    BalasHapus